Tetaplah Semangat!

Bacaan Alkitab: Pengkhotbah 11: 1 – 8

“Taburkanlah benihmu pagi-pagi hari, dan janganlah memberi istirahat kepada tanganmu pada petang hari, karena engkau tidak mengetahui apakah ini atau itu yang akan berhasil, atau kedua-duanya sama baik”.В  (Pengkhotbah 11 : 6)

 

Dalam kehidupan ini, setiap orang pasti tidak akan luput dari masalah. Masalah dapat datang kapan saja tanpa permisi lebih dahulu. Banyak orang diantara kita yang dilumpuhkan oleh masalah yang dihadapinya dan tidak mampu mengambil langkah apapun untuk mengatasinya.В  Malah ia mengharapkan orang lain bisa melambaikan sihir ajaib atas dirinya sehingga masalah-masalahnya itu bisa hilang. Jika segala sesuatu tidak berjalan baik dan lancar seperti yang ia inginkan, maka teriakan yang kita dengar adalah, “Apa yang bisa dilakukan pemerintah terhadap masalah tersebut?”, “Apa yang bisa dilakukan gereja terhadap kesulitanku?”. Ada saja yang disalahkan jika terjadi masalah dalam kehidupannya. Padahal yang sebenarnya, semua itu tergantung dari sikap hati kita dalam mengatasi masalah yang terjadi.

Dalam ayat-ayat ini, pengkhotbah memberikan kepada kita nasehat-nasehat yang berguna untuk kehidupan kita. Pengkhotbah bukan berarti buta terhadap masalah-masalah kehidupan. Justru ia sangat tahu apa yang dihadapi oleh kita manusia.В  Perhatikan saran-saran praktis untuk kehidupan dibawah ini, yaitu:

  • Bersemangatlah (ay 1-2, 6). Ketika kita berusaha meraih kesempatan itu dengan terus bersemangat memperluas investasi kita, maka suatu hari kelak kita pasti memperoleh hasil dari waktu, tenaga dan uang yang telah kita investasikan. Untuk hasil yang lebih maksimal, maka kita harus meraih kesempatan-kesempatan itu secara berkesinambungan dengan penuh antusias, sepanjang hidup kita (ay 6).
  • Beranilah (ay 3-5). Untuk berhasil dan berdampak, maka sebaiknya dihindari pembatasan terhadap potensi diri sendiri. Jangan mengikat diri kita sendiri kepada peraturan, ataupun tradisi yang membuat kita tidak menaati perintah Tuhan. Sekalipun badai kehidupan ada di sekeliling kita, tetapi hidup harus tetap berjalan, apapun yang terjadi!В  Jangan kehilangan kesempatan hanya karena “hujan masalah”, tetapi beranilah untuk terus melangkah bersama Tuhan.В  Berapa banyak diantara kita karena ramalan-ramalan yang spekulatif pada akhirnya tidak berani untukВ  bertindak dan maju. Paulus berkata “Pergunakanlah waktu yang ada karena hari-hari adalah jahat” (Ef 5:16).

Apapun yang terjadi, tetaplah semangat!

 

Artikel oleh: February 27, 2012   Kategori : Biblical Devotion from Ecclesiastes (Renungan Alkitabiah dari Kitab Pengkhotbah)  Sebarkan 

Tulis Komentar Anda