Allah Sumber Berkat

Bacaan Alkitab: Kejadian 13 – 14

“Lalu Lot melayangkan pandangnya dan dilihatnyalah, bahwa seluruh Lembah Yordan banyak airnya, seperti taman Tuhan…”
(Kejadian 13 : 10)

Ketika Abraham memulai perjalanannya, maka Lot keponakannya, ikut bersama dalam rombongan itu (Kejadian 12:5; 13:1).  Berkat Tuhan telah menjadikan Abraham sangat kaya, Lot yang ikut bersama dengan orang yang diberkati, juga mengalami berkat Tuhan, sehingga harta bendanyapun bertambah dengan cepat. Ternak yang semakin banyak, membuat konflik diantara penggembala mereka, dan supaya tidak berkelanjutan, maka Abraham mengambil keputusan untuk berpisah dengan Lot (Kej 13:6-9).  Perpisahan itu dilakukan dengan perjanjian “…jika engkau ke kiri, maka aku ke kanan, jika engkau ke kanan, maka aku ke kiri.” (ay. 9)

Dan sebagai tanda ketulusan hati, maka Abraham memberikan kesempatan pertama untuk Lot memilih, kemana dia akan pergi.  Lot menggunakan kesempatan ini, dengan melayangkan pandangan kesekeliling. “Lalu Lot melayangkan pandangnya dan dilihatnyalah, bahwa seluruh Lembah Yordan banyak airnya, seperti taman Tuhan, seperti tanah Mesir, sampai ke Zoar. ….”(ay. 10).  Alkitab kemudian menceritakan: “Sebab itu Lot memilih baginya seluruh Lembah Yordan itu, lalu ia berangkat ke sebelah timur dan mereka berpisah. ” (ayat 11).  Jelas bahwa Lot memilih lembah Yordan, karena dia melihat bahwa lembah itu banyak airnya, seperti taman Tuhan, itu adalah kondisi ideal untuk peternak mengembangkan usahanya.

Berkat ternyata bukan diperoleh dari usaha semata, sesungguhnya berkat itu bersumber pada Allah. Amsal  10:22 “Berkat Tuhanlah yang menjadikan kaya, susah payah tidak akan menambahinya”.

Manusia tanpa Tuhan, tidak ada apa-apanya. Lot melupakan prinsip ini; dia lupa untuk menyertakan Tuhan, dan dia lupa bahwa berkat Tuhanlah yang telah menjadikan dia kaya.  Hasil akhirnya kita ketahui, bahwa kekayaan Lot bukannya bertambah, tapi malah ludes, sedangkan Abraham, kekayaan dan kemakmurannya semakin bertambah, karena dia beriman kepada Allah, sumber berkat itu. Lot tertipu oleh pandangan matanya sendiri.

Carilah Tuhan dengan sungguh-sungguh, bukan hanya mencari berkat-Nya.

Artikel oleh: January 19, 2012   Kategori : Biblical Devotion from Genesis (Renungan Alkitabiah dari Kitab Kejadian)  Sebarkan 

Tulis Komentar Anda