Peliharalah Bumi ini!

Bacaan Alkitab: Kejadian 1

“Pada mulanya Allah menciptakan langit dan bumi”
(Kejadian 1 : 1)

Allah memberi kita hadiah yang luar biasa yakni dunia yang indah tempat kita tinggal. Namun, tatkala hidup bersama dengan banyak orang lain di planet ini, tentu kita menghadapi kemungkinan menyaksikan sirnanya keindahan dan habisnya berbagai sumber alam.В  Walau kita berhak memakai berbagai sumber alam yang Allah tempatkan di dalam dan di atas bumi, harus diakui, kita bertanggung jawab menghargai bumi sebagai milik-Nya dan memelihara berbagai sumber alam bagi generasi selanjutnya.

Dalam kitab Kejadian, Tuhan memberi tahu Adam (yang juga berlaku bagi kita semua) untuk “mengusahakan dan memelihara” bumi ini (2:15). Karena tak tahu kapan Yesus akan datang lagi, kita akan menjadi penatalayan yang tak bertanggung jawab bila tidak menyisakan anak dan cucu kita sumber alam yang Allah berikan juga bagi mereka.

Mungkin kita menganggap usaha pribadi kita untuk memelihara dunia milik Allah ini tidak berarti. Namun, kita semua bisa bekerja sama untuk mengerjakan bagian kita. Mengurangi kebiasaan berbelanja dan mengkonsumsi segala sesuatu, mulai menjalani hidup sederhana, memupuk sikap suka memperbaiki bukannya mengganti barang yang rusak, memakai kembali barang yang sudah ada, dan mendaur ulang sampah merupakan tindakan pengelolaan yang baik.
Satu cara yang dapat membuktikan kasih kita kepada Allah dan mengungkapkan rasa syukur atas segala tindakan-Nya adalah mengusahakan dan memelihara bumi ini beserta segala isinya. Mari kita kelola dunia ini dengan bijak sampai Tuhan datang kembali.

Allah telah menciptakan dunia ini dan kehendak-Nya bagi kita yaitu memelihara serta mengola bumi ini dengan bijak.

Artikel oleh: January 11, 2012   Kategori : Biblical Devotion from Genesis (Renungan Alkitabiah dari Kitab Kejadian)  Sebarkan 

Tulis Komentar Anda