Jangan Sembarangan

Bacaan Alkitab: Imamat 22

“Janganlah melanggar kekudusan nama-Ku yang kudus, supaya Aku dikuduskan di tengah-tengah orang Israel, sebab Akulah TUHAN, yang menguduskan kamu” (Imamat 22:32).

Salah satu isi perintah dalam 10 Perintah Allah adalah: “Jangan menyebut nama Tuhan, Allahmu, dengan sembarangan, sebab TUHAN akan memandang bersalah orang yang menyebut nama-Nya dengan sembarangan” (Keluaran 20:7). Nama Tuhan itu begitu kudus, sakral, dan penuh keagungan. Tetapi sekarang banyak orang “mendiskon” nama Tuhan, sehingga nilainya amat rendah. Dengar saja umpatan-umpatan yang menyebut nama Tuhan dengan sembarangan. Atau orang-orang yang kaget juga kadang-kadang menyebut nama Tuhan, namun dalam maksud yang tidak jelas. Bahkan orang Kisten yang seharusnya menjunjung tinggi nama Tuhan, eh malahan ikut-ikutan mengobral nama Tuhan.

Jangan pernah menyebut nama Tuhan tanpa maksud yang tidak jelas. Kalau Anda berdoa, memuji Tuhan, atau menyembah Tuhan, silakan menyebut nama Tuhan. Tetapi kalau tidak, jangan sebut-sebut nama Tuhan dengan sembarangan. Nama Tuhan itu kudus. Nama Tuhan itu berkuasa dan membuat gentar para musuh Allah. Dan Alkitab berkata, “Itulah sebabnya Allah sangat meninggikan Dia dan mengaruniakan kepada-Nya nama di atas segala nama, supaya dalam nama Yesus bertekuk lutut segala yang ada di langit dan yang ada di atas bumi dan yang ada di bawah bumi, dan segala lidah mengaku: “Yesus Kristus adalah Tuhan,” bagi kemuliaan Allah, Bapa” (Filipi 2:9-11). Allah sendiri menjunjung tinggi nama-Nya.

Dalam lingkungan Kristen banyak terlontar ucapan-ucapan sembrono menyebut-nyebut nama Tuhan. Kadang-kadang mereka bergurau yang kata mereka “gurauan kudus”. Allah kita adalah Allah yang serius dan nama-Nya bukan untuk gurauan atau ditertawai. Sejak dahulu dan selamanya nama Allah itu kudus. Umat Tuhan wajib menyebut nama Tuhan dengan hormat dan di dalam kegentaran. Dan tahukah Anda bahwa kebangunan rohani terjadi karena orang-orang menyerukan nama Tuhan dengan hormat dan penuh kegentaran?

Bila Anda menyebut nama Allah di dalam kegentaran, maka Anda akan merasakan nama itu memberikan kekuatan dalam hidup Anda.

Artikel oleh: December 2, 2011   Kategori : Biblical Devotion from Leviticus (Renungan Alkitabiah dari Kitab Imamat)  Sebarkan 

2 Komentar

  1. Maria.sunarmi - December 2, 2011

    Bener, kita tidak boleh menyebut nama Tuhan dengan sembarangan,karena Dia maha KUDUS dan maha AGUNG, sangat setuju!
    very good!!!

  2. Maria.sunarmi - December 2, 2011

    very very good!!!

Tulis Komentar Anda