Manusia yang Berbeda

Bacaan Alkitab: Imamat 11

“Katakanlah kepada orang Israel, begini:
Inilah binatang-binatang yang boleh kamu makan dari segala binatang berkaki empat yang ada di atas bumi”
(Imamat 11:2).

 

Masalah haram dan tidak haram adalah perkara yang penting dalam Perjanjian Lama. Pada Imamat pasal 11 sampai 15 ini semuanya berfokus pada masalah haram dan tidak haram. Dari masalah makanan sampai manusia. Misalnya masalah orang yang sakit kusta. Sesuatu yang haram berkaitan dengan kematian dan abnormalitas. Bangsa Israel yang dipromosikan Allah jelas harus berbeda dengan bangsa-bangsa lain. Konsep perbedaan pada yang haram dan yang tidak ini menjelaskan mengenai konsep pemilihan Allah atas bangsa Israel. Harus ada perbedaan yang jelas antara orang fasik dengan umat pilihan Allah (baca Im. 20:24-26).

Tuhan memilih kita juga supaya kita berbeda dengan dunia ini. Cara berpikir, berbicara, bersikap, dan bergaul harus menunjukkan perbedaan dengan dunia ini. Seperti Paulus berkata, “…… Keluarlah kamu dari antara mereka, dan pisahkanlah dirimu dari mereka, firman Tuhan, dan janganlah menjamah apa yang najis, maka Aku akan menerima kamu” (2 Korintus 6:17). Kata “pisah” menunjukkan perbedaan. Anda tidak bisa menyebut diri Anda anak-anak Allah sementara Anda sendiri belum jelas statusnya, apakah Anda pelaku firman ataukah bukan. Kalau rohani Anda sedang bertumbuh, maka pastilah kualitas hidup Anda semakin baik dan semakin terlihatlah perbedaannya. Anak ayam yang dicampurkan dengan anak rajawali mungkin pada awal-awalnya sulit dibedakan. Tetapi setelah mereka sama-sama besar, maka semakin nampaklah perbedaannya. Bukankah kita juga semakin hari harus semakin jelas terlihat perbedaannya?

Kadang menjadi manusia yang berbeda tidaklah nyaman. Sebab orang-orang di sekitar kita sering mencibirkan bibirnya. Kita seperti orang asing bagi mereka. Dan jangan heran bila akhirnya kita diolok dan bahkan dianiaya. Tetapi kita harus menjadi manusia yang berbeda. Seperti orang Israel yang berbeda dengan orang Kanaan, begitu juga dengan kita dengan dunia ini. Semakin Anda memiliki karakter Kristus, maka semakin terlihatlah perbedaan Anda dengan dunia ini. Kalau Anda tidak berbeda, pastilah ada yang tidak beres dengan kehidupan kekristenan Anda.

Jangan sebut Anda orang Kristen sebelum Anda menjadi manusia berbeda.

Artikel oleh: November 22, 2011   Kategori : Biblical Devotion from Leviticus (Renungan Alkitabiah dari Kitab Imamat)  Sebarkan 

Tulis Komentar Anda