Hidup Dalam Kasih

“Jikalau kamu hidup menurut ketetapan-Ku dan tetap berpegang pada perintah-Ku serta melakukannya, maka…..”
(Imamat 26 : 3-4).

 

Anda ingin berhasil? Anda ingin sukses? Anda ingin sehat? Anda ingin…..? Keinginan Anda itu akan menjadi sia-sia dan tidak akan menjadi kenyataan bila Anda tidak mengkondisikan hidup Anda dengan “….hidup menurut ketetapan Allah dan tetap berpegang pada perintah-Nya serta melakukannya”. Mungkin Anda berpikir hidup menurut ketetapan dan perintah itu sulit untuk dilakukan dan ditaati seperti di zaman sekarang ini. Apa betul demikian? Memang PL mendaftarkan perintah dan ketetapan Tuhan dalam bentuk sepuluh perintah Allah. Tetapi dalam PB, perintah dan ketetapan Allah disimpulkan dalam dua hukum yaitu; “Kasihilah Tuhan, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap akal budimu.” Dan “Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri.” (Matius 22:37-39). Dengan kata lain “hidup menurut ketetapanNya dan tetap berpegang pada perintah-Nya serta melakukannya” adalah hidup dalam kasih dan berjalan dalam kasih. Sebab kasih itu menggenapi “seluruh hukum Taurat dan kitab para nabi.”

Dan perlu Anda ketahui “kasih Allah telah dicurahkan di dalam hati kita [sejak kita dilahirkan kembali] oleh Roh Kudus yang telah dikaruniakan kepada kita.” (Roma 5:5). Sehingga tidak ada alasan bagi kita untuk berkata, “Perintah-perintah-Nya itu berat.” Sebab “kasih” yang ada di dalam hati kita itulah yang selalu mendorong kita untuk melakukan perintah-perintah Allah dengan penuh sukacita bukan dengan tidak berat hati. Bila tidak ada kasih maka melakukan perintah Allah menjadi berat sebab tidak ada pendorongnya.

Apakah Anda telah mengkondisikan hidup Anda “hidup menurut ketetapan-Ku dan tetap berpegang pada perintah-Ku serta melakukannya?” Apakah Anda telah mengkondisikan hidup Anda hidup dan berjalan dalam kasih Allah? Bila belum, hari ini Anda masih punya kesempatan. Bukankah Anda telah memiliki pendorongnya? Kobarkan kasih yang ada di dalam hati Anda itu. Bila sudah, maka Anda akan menikmati semua yang tertulis di dalam kitab Imamat 26:1-13. Kerinduan Anda seperti yang di atas pasti akan terpenuhi, sebab itulah yang dikehendaki oleh Allah kita.

Kasih adalah motor penggerak kita mendekat pada Allah dan melakukan perintah-Nya.

Artikel oleh: November 6, 2011   Kategori : Umum  Sebarkan 

Tulis Komentar Anda