KERJA BUAT TUHAN vs KERJA BUAT DUNIA

Teks bacaan : Matius 16 : 24 – Matius 25 : 31-46

Ev. Andereas Dermawan

Banyak orang beranggapan bahwa pekerjaan Tuhan? adalah pekerjaan yang berkaitan dengan kegiatan keagamaan. Dan Asumsi ini? berlaku untuk semua agama termasuk pemeluk agama KRISTEN! AGAMA TAK UBAHNYA SEPERTI PERUSAHAAN YANG MEMBUTUHKAN PEKERJA PEKERJA LAYAKNYA SEBUAH PERUSAHAAN BISNIS ATAU TOKO! ADA PIMPINAN, ada STAF ( Majelis / activis/ Tata usaha ) dan? ada CUSTOMER ( JEMAAT ). ADA INCOME melalui persembahan rutin mingguan/ persembahan perpuluhan/ persembahan khusus dlsb. LALU APA? BARANG DAGANGANNYA??? DAGANGAN UTAMANYA ADALAH KHOTBAH SANG PEMIMPIN ATAU PENGKHOTBAH TAMU UNDANGAN SANG PEMIMPIN YANG BISA MENYENANGKANKAN CUSTOMERNYA!

MUNGKIN ANDA AKAN PROTES KERAS DAN MENGATAKAN TULISAN INI NGAWUR! Lepas dari saudara setuju atau tidak setuju! Saya sadar akan ada PRO- KONTRA ATAS TULISAN INI! SEBAGAI HAMBANYA SAYA BERANI MEMPERTANGGUNG JAWABKAN TULISAN INI DALAM FORUM DISKUSI APAPUN ! SEBAGAI HAMBA KRISTUS, SAYA MAU BICARA JUJUR BAHWA INILAH FAKTA YANG TERJADI SEJAK RIBUAN TAHUN YANG LALU SAMPAI SEKARANG INI! MANUSIA BELUM BERTOBAT DARI CARA HIDUP YANG LAMA! MANUSIA TETAP MEMEGANG RUTINITAS TRADISI KEAGAMAAN!? BERARTI MANUSIA BELUM DISELAMATKAN! ?KARENA AGAMA APAPUN TIDAK MENYELAMATKAN MANUSIA!? KESELAMATAN BERADA DITANGAN JURUSELAMAT TUHAN YESUS KRISTUS BUKAN PADA AGAMA APAPUN. SEBAB ITU PERJUMPAAN LANGSUNG DAN BEKERJA KEPADANYA adalah merupakan satu satunya?? JALAN KESELAMATAN!

Kali ini saya tergerak untuk mengambil TEMA ini karena ini merupakan hal yang sangat mendasar atas KESELAMATAN MANUSIA! Bila salah pemahaman akan berakibat fatal! KARENA MEMILIH ANTARA PEKERJAAN TUHAN DENGAN PEKERJAAN DUNIA BERARTI ANDA SEDANG MEMILIH TUJUAN AKHIR DARI PEKERJAAN ITU YAKNI MEMILIH SORGA ATAU NERAKA! Pilihan ini bukanlah hal yg sepele, tapi merupakan pilihan yang sangat penting? ORANG ORANG YANG MENGABAIKAN HAL INI AKAN MENYESAL DIKEMUDIAN HARI! UNTUK MENJELASKAN DAN MEMBAHAS HAL INI MARILAH KITA MELIHAT PEMAHAMAN ORANG2 KRISTEN DEWASA INI TENTANG MASALAH ?APA YG DIMAKSUD DENGAN PEKERJAAN? SECARA REALITAS UMUMNYA ORANG MEMBAGI 2 JENIS PEKERJAAN sebagai berikut : 1. PEKERJAAN SEKULAR???? 2. PEKERJAAN ROHANI ( KEAGAMAAN/ SOSIAL). YANG MANAKAH PEKERJAAN TUHAN DARI 2 JENIS PEKERJAAN ITU? SECARA FAKTUAL orang mendefinisikan pekerjaan TUHAN pada jenis pekerjaan yang ke 2. Apa betul demikian saudara??? Dengan tegas saya katakan bahwa kedua duanyapun bukanlah pekerjaan TUHAN!

Pada penjelasan saya di atas bahwa AGAMA bukanlah TUHAN! Dengan demikian para PEMIMPIN? AGAMA DAN KOMUNITAS FANATIKNYA BUKANLAH MELAKUKAN PEKERJAAN TUHAN, MELAINKAN MEREKA MELAKUKAN PEKERJAAN AGAMA.? SEORANG MUDA YG KAYA PERNAH DATANG kepada YESUS, disamping kaya ia juga adalah? seorang pemimpin agama. Ia mengatakan bahwa syarat agama sudah dijalankan dengan baik. Dan Yesus juga tidak mengatakan bahwa orang muda itu salah menjalankan agamanya. Tapi Yesus mengatakan bahwa ada satu yg kurang! Apakah itu? Yaitu ikutlah? AKU, atau dengan kata lain bekerjalah buat AKU! Terrnyata jadi orang baik, taat pada agama belum berdampak apa2 terhadap keselamatan! Syarat agama yg begitu banyak ada ratusan aturan turunan dari aturan 10 hukum torat belumlah menyelamatkan seseorang dari dosa!. YESUS BERKATA : ADA SATU YG KURANG! DAN SATU YG KURANG INI SANGAT MENENTUKAN DAN MENYEMPURNAKAN! APAKAH SATU YG KURANG ITU? YESUS BERKATA : IKUTLAH AKU ( BEKERJALAH UNTUK AKU )! Lalu apa syaratnya? Apakah sama dengan ratusan syarat agama itu? Tidak hanya satu syarat, meski satu syarat, tapi syarat ini sangat sukar bagi orang KAYA! Syarat apakah itu? YESUS BERKATA : ? JUALLAH HARTAMU, LALU IKUTLAH AKU! Bukan dibalik ikut YESUS DULU baru jual harta! Syarat ini? sangat berat!

Syarat menjadi pekerja/pengikut/murid YESUS memang sangatlah berat, sebab itu Tuhan YESUS dengan jujur memberitahukan kepada siapa saja yang mau menjadi pengikutnya. Tuhan Yesus tidak? menjanjikan angin sorga sebagai pengikut YESUS, akan sukses, akan kaya, akan sakti , akan popular dan akan akan? lainnya. Dan ini berbanding terbalik dengan pengikut Iblis. Iblis menjanjikan : 1. KEKUASAAN ATAS DUNIA INI. 2. KEKAYAAN? 3. POPULARITAS/ SUKSES PRESTASI. Dan memang itu yg dicari manusia.Dan Iblis memang benar2 memberikan semua itu, ia tidak berbohong, ia bisa membuat mujizat. Dan manusia gandrung mencari tawaran iblis itu, sebagai ganti nyawanya. Saudara sekalian, mungkin tulisan ini terasa tidak nyaman dibaca, tapi selaku HAMBA KRISTUS, saya harus sampaikan informasi ini, supaya saudara sekalian melek dan bangun dari tidur yg membahayakan! Syarat menjadi pengikut/ pekerja YESUS adalah MENYANGKAL DIRI/ MEMIKUL SALIB ( Penderitaan/ kemiskinan ). Dan pahalanya diberikan diujung pertandingan ibarat suatu pertandingan olahraga. Sangat berbeda dengan apa yang diberikan oleh Iblis, ia memberikannya justru diawal, dan diakhiri justru pada ujung dari kehidupan anda.

Sebab itu waspadalah! KERJA BUAT TUHAN ADALAH TANPA GAJI/TANPA HARTA, JUSTRU TERBALIK ANDA HARUS MELEPASKAN NAFKAH/GAJI/ HARTA. Memang irrasional kedengarannya. Tapi itulah yang disampaikan Yesus pada orang kaya/pemimpin agama yg sdh taat memenuhi aturan agama. YESUS berkata Cuma satu yg kurang yaitu : JUALLAH HARTAMU! Sebagai pemimpin agama yg taat, tentu ia sangat rohani beribadah, orang Kristen yg? kerohaniannya diatas rata2 tanda kutip! Tapi syarat agama tidak menyelamatkan manusia! KESELAMATAN HANYA DITENTUKAN OLEH SYARAT KRISTUS SENDIRI! YESUS TDK MEMBERIKAN SYARAT2 LAIN seperti yg diajarkan para IMAM dengan produk Ritualnya seperti misalnya anda harus ikut PEMAHAMAN ALKITAB, jadi PRIA SEJATI atau apalah seperti banyak dikumandangkan oleh para imam zaman sekarang, dan YESUS juga tidak mengatakan anda harus menyebut nama ALLAH secara benar misalnya menyebut nama YHWH, tidak, sebagai pemimpin agama dan orang kaya tentu orang mudah itu sdh melakukan semua itu.

YESUS CUKUP MENGATAKAN SATU KALIMAT : JUALAH HARTAMU DAN BERIKAN KEPADA ORANG2 MISKIN! KENAPA DIBERIKAN KEPADA ORANG MISKIN??? BUKAN DIBERIKAN KEPADA PARA IMAM? KARENA ORANG2 MISKIN ADALAH ORANG2 PILIHAN ALLAH! Mereka adalah representasi hadirat TUHAN! Hadirat Tuhan ada pada orang orang PILIHANNYA, bukan pada pada para imam! SEBAB ITU? TUHAN YESUS tidak berkenan pada persembahan dan perpuluhan mereka! TUHAN MENGHENDAKI BUKAN SEPERSEPULUH TAPI 100%, seluruh harta! Memang tidak logis di pemandangan manusia! OLEH SEBAB ITU AJARAN YESUS DIANGGAP GILA/ TIDAK LOGIS. Dan orang2 yg mengikutiNya juga dianggap gila/ tidak logis. Sebab itu sangat sedikit orang yg menjadi PENGIKUTNYA YG SETIA. BANYAK YG DIPANGGIL TAPI SEDIKIT YG DIPILIH!

LALU APAKAH YG DIMAKSUD DENGAN PEKERJAAN TUHAN? KETIKA YESUS BERSAMA MURID2NYA TUHAN YESUS melihat kerumunan orang2 sengsara, diantaranya banyak yg buta, banyak yg lumpuh. Murid2Nya bertanya mengapa orang2 itu dilahirkan seperti itu, mereka menunjuk pada orang cacat/ orang buta. Yesus berkata bukan karena dosa turunan orang tuanya, tapi itulah pekerjaan TUHAN! Jadi sinkron dengan apa yg dikerjakan oleh YESUS di dunia ini, Ia lebih banyak bekerja secara nyata, bukan pekerjaan ritual, disamping Ia mengajar pada murid2Nya. Dan sekali kali keBait Allah pimpinan para imam/parisi adalah untuk memberi peringatan keras? kepada para parisi dan komunitas fanatiknya! Saudara sekalian pekerjaan Tuhan bukanlah pekerjaan agama, yg dipimpin oleh para ahli torat/parisi. Tapi pekerjaan yg dipimpin oleh YESUS sendiri melalui orang2 pilihanNya ( ORANG2 MISKIN ) tanda kutip orang2 miskin inilah pimpinanNya.

Aneh kedengarannya bukan??? Bukankah ini suatu paradigma terbalik! Out of system! Dan inilah berita Injil yg disampaikan oleh YESUS yg melampaui logika orang2 kaya dan orang2 pintar di dunia! Rasul Paulus mengatakan bahwa apa yg merupakan kebodohan disitulah merupakan hikmat Allah. Dan sebaliknya apa yg ia miliki sebelumnya, kekayaan, kekuasaan, kepintaran adalah merupakan kebodohan atau sampah bagiNya, setelah Ia berjumpa dengan YESUS. Kiranya tulisan ini dapat memberikan alternatif berpikir kepada pembaca.

Amin!

(uneditted version)

Artikel oleh: October 25, 2011   Kategori : Artikel Kepemimpinan  Sebarkan 

Satu komentar

  1. Pdm. Victor Wololi - January 26, 2013

    Suatu pernyataan yang Berani dan Tegas.

    Ikut Tuhan = Keselamatan
    Ikut Tuhan = Kekayaan

    Jangan heran kalo banyak Hamba Tuhan yang beralih profesi, pindah kegereja dengan paham kemakmuran, atau gereja dijadikan lahan pencarian..bahkan ada yang tidak mau jadi perintis, lebih mencari gereja mapan untuk melayani walau hanya staf pastoral.
    hmmm… mungkin ketika orang membaca artikel ini akan berkata “mending ngga usah ikut Yesus bawaannya miskin melulu, hiburannya hanya kejadian-kejadin supranatural…”

    Terjun ke Pekerjaan Tuhan = Siap kaya dan Siap Juga Miskin
    Trims…sekedar pendapat pribadi.

Tulis Komentar Anda