Jadilah Orang Jujur!

Bacaan Alkitab: Amsal 11

“Berkat orang jujur memperkembangkan kota, tetapi mulut orang fasik meruntuhkannya”.
(Amsal 11 : 11)

 

Salah satu sikap orang benar yang dituntut dalam pasal ini adalah kejujuran. Allah mau mereka yang masuk kategori sebagai orang benar memiliki kehidupan yang jujur, perkataan dan perbuatan yang jujur dalam hidupnya setiap hari. Dalam ayat pertama, dikatakan “neraca serong adalah kekejian bagi Tuhan”, artinya Allah tidak menghendaki orang benar itu menipu sesamanya. Tindakan yang menyenangkan Allah adalah ketika kita berkata dan bertindak jujur kepada semua orang, baik dalam hal keuangan ataupun dalam segala perkara. Rupanya tindak ketidakjujuran atau penipuan dalam berjual beli sudah ada sejak zaman dahulu dalam berdagang.

Menipu dengan memakai “neraca serong” adalah hal biasa pada zaman dulu dengan tujuan untuk mendapatkan hasil atau keuntungan yang sangat besar. Pada masa itu setiap pegadang memiliki batu timbangan yang harus sesuai dengan standar umum yang berlaku, tetapi banyak pedagang mempunyai beberapa batu timbangan yang berukuran sama tapi beratnya berbeda.

Dewasa ini kita mendapati para pedagang yang menipu dengan timbangannya ataupun tindak penipuan lainnya. Semua bentuk ketidakjujuran dan penipuan adalah jahat dimata Tuhan. Orang percaya seharusnya menjauhkan diri dari tindakan ataupun perilaku seperti itu. Hanya orang jujur dan tulus hatinya yang akan melihat wajah Tuhan serta hidup layak dihadapan-Nya (Maz 11:7; 140:14).

Allah telah menetapkan hukuman untuk segala tindakan yang melanggar Firman-Nya. Dan pada akhirnya orang yang tidak benar ataupun tidak jujur akan dihukum karena dosa-dosanya dan karena ia mengabaikan Firman Tuhan. Menyadari akan hal itu, maka marilah kita sebagai anak-anak Tuhan, bertingkah-laku dan bertutur-kata sebagai layaknya “orang benar”, yang mencintai Firman Tuhan dan mengamalkan Firman itu dalam kehidupan kita sehari-hari, maka berbahagialah hidupmu!

 

Orang yang jujur dipimpin oleh ketulusan, tetapi pengkhianat dirusak oleh kecurangannya
(Amsal 11:3)

Artikel oleh: October 17, 2011   Kategori : Biblical Devotion from Proverbs (Renungan Alkitabiah dari Kitab Amsal)  Sebarkan 

Tulis Komentar Anda