Taatilah AjaranNya!

Bacaan Alkitab: Amsal 10

“Siapa bijak hati memperhatikan perintah-perintah, tetapi siapa bodoh bicaranya akan jatuh”.
(Amsal 10 : 8a)

Kumpulan amsal ini merupakan didikan, ajaran, nasehat, atapun petunjuk yang harus diperhatikan sebaik-baiknya oleh kita, supaya menjadi orang yang bijaksana dalam kehidupan ini sehingga disenangi oleh Allah dan sesama manusia. Bahkan sebagai Firman Tuhan, amsal ini merupakan obat yang manjur serta vitamin yang berguna dalam pertumbuhan rohani kita. Jadi, tidak boleh tidak, kita harus merenungkan dan melakukan kebenaran rohaninya.

Jika kita membaca dengan teliti maka terdapat dua hal yang sering dibicarakan dalam amsal pasal ini, yaitu: berkat jasmani (harta) serta cara memperolehnya; dan pengaruh dari perkataan (bibir atau lidah) dalam kehidupan kita.

Pertama, berkat jasmani (harta). Jika harta itu diperoleh dengan cara yang salah maka hasilnya adalah kehancuran walaupun pada awalnya memuaskan hati; karena “penghasilan orang fasik” membawa kepada dosa (ay 16), tetapi upah dari orang benar akan membawanya kepada kehidupan. Biasanya kemalasan yang menyebabkan seseorang menempuh cara yang salah untuk mendapatkan keuntungan. Kemalasan (tangan yang lambat) bukanlah sikap yang perlu dipelihara tetapi ditinggalkan. Jika kita mau diberkati Allah secara jasmani, maka ingatlah satu hal penting bahwa berkat itu hanya dicurahkan-Nya bagi orang-orang yang mau kerja keras dan bekerja dengan benar.

Kedua, pengaruh dari perkataan (lidah, bibir atau mulut kita). Orang Kristen harus belajar menggunakan mulut atau perkataan dengan baik sesuai dengan Firman Tuhan. Harus disadari bahwa perkataan itu sangat berpengaruh untuk kemajuan atau kemunduran hidup seseorang. Sudah seharusnya, kita sebagai orang percaya menggunakan mulut kita untuk berkata-kata positif atau perkataan yang membangun orang lain. Kita perlu menghindari perkataan dusta, gosip, fitnah, dan yang sejenisnya, karena “lidah orang benar seperti perak pilihan”. Berarti, adalah mulia dan sangat terpuji jika kita menjaga ucapan mulut kita.

Milikilah sikap hidup yang baik dan memuliakan Allah, melalui perkataan dan perbuatanmu setiap hari.

Artikel oleh: October 16, 2011   Kategori : Biblical Devotion from Proverbs (Renungan Alkitabiah dari Kitab Amsal)  Sebarkan 

Tulis Komentar Anda