Lakukan dengan Iman

Bacaan Alkitab: Ibrani 11: 1 – 16

“Tetapi tanpa iman tidak mungkin orang berkenan kepada Allah. Sebab barangsiapa berpaling kepada Allah, ia harus percaya bahwa Allah ada, dan bahwa Allah memberi upah kepada orang yang sungguh-sungguh mencari Dia”
(Ibrani 11 : 6)

Sederetan tokoh-tokoh iman ditampilkan disini, dimana mereka adalah nenek moyang bangsa Israel, dan masih banyak lagi tokoh iman dari pelaku sejarah, yakni para pemimpin mereka yang tidak mungkin akan dituliskan semua. Mereka adalah orang-orang yang meyakini bahwa Allah itu ada sehingga merekapun juga melakukan hal-hal diluar kebiasaan dan nalar manusia. Karena kepercayaan mereka kepada Allah dan keyakinan bahwa Allah akan memberi upah untuk segala hal yang mereka perbuat, maka merekapun juga rela menderita karenanya.

Satu contoh adalah Abraham, dimana Allah berjanji akan membuat keturunannya sebanyak bintang di langit dan pasir di laut, tapi karena iman ia rela mempersembahkan anak satu-satunya karena Allah memintanya. Dan keyakinannya kepada Allah tersebut akhirnya benar-benar menghasilkan bangsa yang dikasihi Tuhan dan ia sendiri disebut bapa orang beriman. Menjadi tokoh iman bukan hanya bagi mereka yang telah lalu, tapi juga bagi kita, orang beriman sekarang ini.

Iman itu sendiri didasari keyakinan bahwa Allah itu ada dan Ia memberi upah kepada orang yang sungguh-sungguh mencari dan melakukan kehendak-Nya. Iman bukan hanya dalam kata-kata saja, iman akan disebut benar-benar sebagai iman ketika keyakinan tersebut ditunjukkan dalam perbuatan. Jika kita benar-benar yakin bahwa Allah akan memberi upah, maka kita akan melakukan apa yang menjadi ?kehendak-Nya dengan penuh pengharapan dan sukacita, itulah iman.

Lakukan perjuangan yang baik dengan iman yang teguh!

Artikel oleh: October 3, 2011   Kategori : Biblical Devotion from Hebrew (Renungan Alkitabiah dari Kitab Ibrani)  Sebarkan 

Tulis Komentar Anda