Tanda Kedewasaan Rohani

Bacaan Alkitab: Ibrani 8: 1 – 13

“Aku akan menaruh hukum-Ku ke dalam akal budi mereka, dan menuliskannya dalam hati mereka,?maka Aku akan menjadi Allah mereka, dan mereka akan menjadi umat-Ku.”

(Ibrani 8 :10b)

Kita sering dimotivasi hamba Tuhan atau senior kita agar menjadi orang Kristen yang dewasa, sementara kita masih bertanya-tanya dalam hati, apa ukuran kedewasaan rohani tersebut, bukankah kita sudah lama menjadi Kristen, jadi sudah “berpengalaman”. Kedewasaan rohani seseorang tidak dilihat dari lamanya dia menjadi Kristen atau berapa umur seseorang. Banyak orang Kristen yang walaupun sudah dewasa secara umur, rohaninya masih saja “kanak-kanak” (Ibrani 5:12-13).

Setiap orang Kristen yang sehat pasti mengalami pertumbuhan rohani yang sehat pula. Pertumbuhan rohani harus terjadi sejak seseorang memutuskan untuk percaya kepada Tuhan Yesus.

Orang Kristen yang dewasa hidup di dalam firman dan firman itu hidup di dalamnya, artinya di segala aspek kehidupan ia tidak keluar dari kebenaran. Firman hidup di dalam kita berarti firman Tuhanlah yang secara aktif menuntun, mengontrol dan mengendalikan hidup kita. Bila kita hidup dalam firman dan firman itu hidup di dalam kita, pengenalan kita terhadap Allah dan Yesus Kristus menjadi semakin benar, sehingga kita dapat mengerti apa yang menjadi kehendak Tuhan, mana yang berkenan kepadaNya dan apa yang tidak dikehendaki oleh Tuhan, “…supaya kamu menerima segala hikmat dan pengertian yang benar, untuk mengetahui kehendak Tuhan dengan sempurna, sehingga hidupmu layak di hadapan-Nya serta berkenan kepada-Nya dalam segala hal, dan kamu memberi buah dalam segala pekerjaan yang baik dan bertumbuh dalam pengetahuan yang benar tentang Allah,” (Kolose 1:9b-10).

Bila kita sudah dewasa rohani kita tidak akan mudah terombang-ambing oleh berbagai macam angin pengajaran serta mampu mengalahkan segala tipu muslihat Iblis dengan pedang Roh yaitu Firman Tuhan.

 

Taat melakukan firman-Nya adalah tanda kedewasaan rohani seseorang!

Artikel oleh: September 28, 2011   Kategori : Biblical Devotion from Hebrew (Renungan Alkitabiah dari Kitab Ibrani)  Sebarkan 

Tulis Komentar Anda