Firman Yang Hidup

Bacaan Alkitab: Ibrani 1 : 1 – 4

“Oleh Dia Allah telah menjadikan alam semesta”
(Ibrani 1 : 2b)

Yang dimaksudkan oleh penulis surat Ibrani ini dengan kalimat “dalam berbagai cara” (1:1) yaitu, bahwa kalau dahulu firman Allah disampaikan melalui mimpi, penglihatan, beban para nabi, sejarah yang ditulis, berita dari malaikat, dsbnya. Namun kini Allah berbicara atau menyatakan diri-Nya kepada kita melalui Yesus Kristus, yang tertinggi diantara segala sesuatu.  Dialah Firman Allah yang Hidup, melebihi semua firman yang disampaikan sebelumnya. Memang semua cara yang digunakan Allah tersebut mulia, namun tidak sebanding dengan pernyataan Allah sendiri melalui Putra-Nya, Yesus Kristus.

  Ada tiga aspek dari kemuliaan Yesus Kristus yang diuraikan dalam ayat 1— 4 , yakni :

  • Menunjuk kepada peranan Tuhan Yesus dimasa yang akan datang (ay 2b).  Dimana, Ia sebagai ‘pewaris’ segala yang ada. Yang dalam bahasa aslinya (Yunani – kleronomos), seorang pewaris berarti “seorang yang berhak menerima”.
  • Peranan Yesus Kristus dimasa lalu (ay 2c). “Oleh Dia, Allah telah menjadikan alam semesta”.  Dimana Ia dipakai Allah untuk menciptakan segala sesuatu ada.
  • Peranan Yesus Kristus masa kini (ay 3). “Ia duduk disebelah kanan Yang Maha Besar, di tempat yang tinggi”.  “Duduk” adalah kata kerja yang menyatakan kuasa-Nya yang tidak tertandingi.  Bahwa Dialah yang berkuasa atas ciptaan-Nya dan yang berkuasa menyelamatkan manusia.

Inti dari ayat-ayat ini adalah bahwa Anak Allah, Yesus Kristus, yang telah dan akan memiliki segala sesuatu, yang menyatakan diri Allah dan yang menebus dosa manusia adalah saluran penyataan yang utama, yang lebih tinggi dari apa dan siapapun juga, termasuk para nabi ataupun malaikat.

Saudara, menyadari akan hal itu, maka seharusnya kita tidak ragu lagi menjadikan Yesus Kristus, Tuhan dan Juruselamat pribadi kita. Carilah Dia dan percayalah pada-Nya sebagai Firman yang hidup.

 Yesus Kristus adalah wahyu Allah yang sempurna;
Dialah Firman Allah yang terakhir kepada manusia, sebagai Firman Allah yang hidup.

Artikel oleh: September 14, 2011   Kategori : Biblical Devotion from Hebrew (Renungan Alkitabiah dari Kitab Ibrani)  Sebarkan 

Tulis Komentar Anda