Jalan Hidup Orang Benar

by Pdt. Udin Sinaga
Maz. 34 : 1 – 6

Jalan hidup orang benar atau yang takut akan Tuhan tidak ditentukan oleh situasi dan kondisi. Seperti apapun kondisinya, orang benar itu akan tetap bisa mengendalikan situasi dan tetap bergaul akrab dengan Tuhan dan tetap hidup dalam kebenaran. Karena ganasnya kehidupan dewasa ini banyak kita dengar orang yang mati bunuh diri dengan cara minum racun, gantung diri, bakar diri, melompat dari mall, tidur di bantalan rel kereta api, tetapi tidak demikian dengan orang benar atau orang takut Tuhan.

Daud adalah teladan yang sangat baik bagi kita dewasa ini bagaimana dia menjalani hidup sebagai orang benar. Sebagai orang benar, Daud walaupun diburu terus oleh Saul untuk dibunuh, hanya oleh karena iri hati atas keberhasilan Daud, bahkan Daud sampai melarikan  ke kota Gat dan berpura-pura Gila, dia tetap menjaga kemurnian hatinya. Teladan apa yang diwariskan Daud sebagai orang benar kepada kita dewasa ini ?

1. Dia tetap memuji Tuhan di segala waktu, ay. 2

A. Daud tetap menjaga hatinya walaupun diberlakukan tidak adil, seperti orang gila di kota lain, bukan karena stress, tepai Alkitab katakana: Dia berpura-pura stres/gila, hanya untuk menyelamatkan dirinya.

B. Memuji Tuhan itu harus disegala waktu, tidak dipengaruhi oleh situasi dan kondisi mis: sakit-penyakit, ekonomi kurang baik, keuangan, bisnis tidak menguntungkan, hubungan suami istri sedang terganggu, dll.

C. Paulus dan Silas memuji-muji Tuhan di dalam Penjara di Filipi, akhirnya mujizat terjadi: Pintu penjara terbuka, belenggu yang mengikat mereka terlepas, kepala penjara bertobat. Mengapa memuji Tuhan itu perlu? Karena saat kita memuji Tuhan hati dan jiwa kita terasa bebas, dan yang kedua itu menjadi kesaksian bagi orang lain.

D. Bagi orang percaya, kata “haleluya” merupakan kata yang sudah tidak asing lagi sebagai ungkapan untuk memuji Tuhan. Kata haleluya berasal dari kata “Halal” dan “YHWH”. Kata “Halal” artinya membanggakan, menghargai, memuji. Sedangkan “YHWH” berarti Tuhan.

2. Dia tetap memuliakan Tuhan, ay. 4

A. Hidup orang benar atau orang yang takut akan Tuhan, harus tetap memuliakan Tuhan, apa yang ada pada kita harus dipergunakan untuk memuliakan Tuhan, karena kemuliaan hanya diperuntukkan bagi Tuhan, bukan memuliakan diri sendiri,

B. Kita diciptakan adalah untuk memuliakan Tuhan, 1 Samuel 2:30b mengatakan, “Sebab siapa yang menghormati Aku, akan Kuhormati, tetapi siapa yang menghina Aku, akan dipandang rendah…..” Kalau kita memuliakan Tuhan, maka kita pasti dimuliakanNya juga.

C. Kapan anda memuliakan Allah? Apakah hanya pada ibadah hari Minggu? Apakah ketika dapat rejeki? Ketika semua baik? Kita harus memuliakan Tuhan setiap waktu dari kita bangun sampai kita tidur kembali.

D. Beberapa contoh bagaimana cara kita memuliakan Dia, mis: Menyanyi/bermazmur bagi Dia, mengasihi orang lain, Peta teladan Kristus, melayani orang lain dengan karunia kita, memberitakan kabar baik.

3. Dia memilih untuk tetap mencari Tuhan, ay. 5

A. Saat kita sakit, saat kita susah, saat kita tidak ada uang, saat pencobaan datang, saat kita dihina orang lain, saat kita kelaparan, saat memulai bisnis baru, saat kita bangun pagi hari, siapa yang pertama-tama kita cari?

B. Tuhan bukan hilang maka perlu dicari, bukan sembunyi, Dia ada dimana-mana, kata mencari Tuhan disini artinya: Ada rasa haus dan rindu kepadaNya. Dalam Yesaya 55:6  Carilah TUHAN selama Ia berkenan ditemui; berserulah kepada-Nya selama Ia dekat!

C. 2 Taw. 20:3  Ketika Moab dan Amon datang memerangi Israel, Yosafat sebagai raja saat itu menjadi takut, lalu mengambil keputusan untuk mencari TUHAN. Ia menyerukan kepada seluruh Yehuda supaya berpuasa. Akhirnya Tuhan menolong mereka dan mengacaukan semua musuh-musuh mereka.

Tuhan memberkati, kiranya bahan kotbah ini bermanfaat untuk kita renungkan bersama-sama.

by Pdt. Udin Sinaga – Sekda Sumut 1

Artikel oleh: January 14, 2011  Tags:   Kategori : Bahan Khotbah  Sebarkan 

4 Komentar

  1. Udin T. Sinaga - January 14, 2011

    Kok tidak ada yang mengomentari, kasih masukan dong, ayo segera !

  2. Sonta Sihotang - February 4, 2011

    Luar biasa Pak…saya sangat diberkati. GBU

  3. Andre Panjaitan - August 13, 2012

    puji tuhan Luar Biasa sekali Renungan Ini……
    Renungan Ini Dapat Membangkitkan Roh Saya pak…..

  4. joshua - August 15, 2012

    Hallel bentuk plural dari hallal berarti lagu pujian sukacita, mengagungkan Tuhan.
    Memuliakan Tuhan adalah esensi kehidupan…

Tulis Komentar Anda