KITAB DANIEL – Pasal 4

daniel1

Pasal ini berisi kisah mimpi Nebukadnezar dan tafsiran mimpi oleh Daniel bahwa Nebukadnezar akan mengalami kegilaan selama 7 tahun jika ia tidak merendahkan diri untuk mengakui kebesaran TUHAN dan kekuasaan-Nya atas kerajaan manusia dan memberikan kekuasan kepada raja-raja menurut kehendak-Nya.

Daniel mengingatkan Nebukadnezar agar bertobat dengan cara (ay. 27):

“Jadi, ya raja, biarlah nasihatku berkenan pada hati tuanku: lepaskanlah diri tuanku dari pada dosa dengan melakukan keadilan, dan dari pada kesalahan dengan menunjukkan belas kasihan terhadap orang yang tertindas; dengan demikian kebahagiaan tuanku akan dilanjutkan!”.

Nebukadnezar yang tengah mencapai kejayaannya, ay. 4, tidak mau mendengar nasihat Daniel. Maka setahun kemudian mimpinya menjadi kenyataan ketika ia baru saja memuji dirinya sendiri atas besarnya kerajaan yang dimilikinya. Kegilaan merendahkan orang sampai ke batas binatang.

Pasal ini juga diakhiri dengan pujian Nebukadnezar karena pulihnya ia kembali dalam kesehatan mentalnya bahkan kebesarannya dipulihkan lebih besar dari sebelumnya. Ia berkata, “Jadi sekarang aku, Nebukadnezar, memuji, meninggikan dan memuliakan Raja Sorga, yang segala perbuatan-Nya adalah benar dan jalan-jalan-Nya adalah adil, dan yang sanggup merendahkan mereka yang berlaku congkak,” ay. 37

PELAJARAN ROHANI PENTING DARI PASAL 4

1. Kemahsyuran cenderung membuat orang menjadi sombong

a. Allah membenci kesombongan, Ams. 8:13, Yes. 2:12, Sebab TUHAN semesta alam menetapkan suatu hari untuk menghukum semua yang congkak dan angkuh serta menghukum semua yang meninggikan diri, supaya direndahkan.”

b. Anak Tuhan harus mengakui dengan jujur pertolongan Tuhan yang menyebabkan kemahsyurannya

2. Tanda kesombongan adalah:

a. Tidak mau mengakui kekuasaan Tuhan, ay. 25b

b. Tidak adil, ay. 27

c. Tidak punya belas kasihan kepada yang ditindasnya

3. Kesombongan hati manusia dapat dikonfrontasi dengan

a. Mengakui Tuhan

b. Menjalankan keadilan

c.    Berbelas kasihan kepada yang tertindas


Artikel oleh: September 4, 2009  Tags:   Kategori : Artikel  Sebarkan 

Tulis Komentar Anda